cursor doraemon

Doraemon Cute Cursors

Thursday, February 14, 2013

SEJARAH INTERNET


Pengenalan Internet

Internet dapat diterjemahkan secara sangat sederhana sebagai Internasional Network. Dari istilah tersebut dikatakan bahwa internet adalah semacam jaringan yang mampu menghubungkan kita dengan jaringan informasi dunia dan masyarakat global.
Lalu apa bedanya internet dengan teknologi yang lain seperti telepon, surat kabar, televisi dan radio yang memiliki konsep hampir sama dengan internet ?
Jawabannya adalah : Bahwa teknologi selain internet itu ternyata berdiri sendiri, berbeda dengan internet dimana ia mampu meliputi semua 
 teknologi-teknologi semacam itu. 

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advenced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
       Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Insititute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, yang terbentuk pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi 2 yaitu : “MILNET” untuk keperluan militer universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan 
 menjadi Internet.
DAFTAR  KEJADIAN  PENTING

Pada tahun 1957 Uni Soviet (sekarang rusia) meluncurkan wahana luar angkasa, Sputnik.
Pada tahun 1962 J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi dimana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditunjukan untuk tujuan militer.
Pada tahun 1971 Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan Universitas.
Pada tahun 1972-1974 Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times, DataBank, dan lainnya mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
Pada tahun 1977 Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Pada tahun 1982 Istilah “Internet” pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal. Name Server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang terhubung ke Internet

No comments:

Post a Comment